Instrumen Observasi

Instrumen  Observasi, apaan tuh?

Buat para calon guru next generation, instrumen atau semacam panduan untuk melakukan observasi dalam hal pengelolaan kelas adalah hal yang penting karena dengan melakukan observasi ini para calon guru pada akhirnya akan mengerti problem atau bagaimana teknik pengelolaan kelas dalam suatu sekolah. Observasi semacam ini juga diharapkan dapat menjadi masukan untuk perbaikan pengelolaan kelas dalam suatu sekolah. Karena ketika pengelolaan suatu kelas itu baik, maka hasil yang dicapai juga akan baik pula. Guru dan siswa masing-masing akan mendapat feedback. Guru akan lancar membawakan suatu materi dan siswa faham akan materi yang dibawakan tersebut.

Instrumen ini dilakukan oleh observer (mahasiswa misalnya) terhadap suatu sekolahan yang ingin di-observasi.

Let’s Chek this Out!!

Instrumen Observasi

Pengelolaan Kelas

 

Nama Madrasah
Alamat Madrasah
Guru yang diteliti  
Mata Pelajaran
Hari  
Tanggal  
Pukul  
Tanda tangan Guru  

 

 

 

Observer/Mahasiswa  

 

 

No Pertanyaan Temuan Lapangan

A

Manajemen Pengelolaan Kelas  

1

Guru mendiskusikan pengelolaan kelas denga teman sejawat  

2

Pentingkah pengelolaan kelas bagi guru, beri alasan  

3

Problem yang dihadapi guru dalam pengelolaan kelas  

a

Faktor dukungan sekolah  

b

Faktor dukungan fasilitas pembelajaran  

c

Faktor dukungan supervisi  

d

Faktor anak didik  

e

Faktor wali siswa  

f

Faktor ketrampilan guru dalam pengelolaan kelas  

g

Faktor pengembangan pelatihan pengelolaan kelas  

h

Faktor penyusunan RPP  

i

Faktor dokumen kelas  

j

Faktor…………………………….  

k

Faktor…………………………….  

l

Faktor…………………………….  
B Pengalaman Pengelolaan Kelas  
1 Adakah dokumen-dokumen pendukung  tentang pengelolaan kelas, harap disebutkan  
2 Kesulitan yang dihadapi dalam pengelolaan kelas  
3 Kesuksesan yang telah diraih dalam pengelolaan kelas  
4 Kiat apa yang harus dilakukan dalam pengelolaan kelas  
5 Pengalaman yang paling sukses dan masih dikenang dalam pengelolaan kelas  
6 Perubahan apa yang telah dilakukan dalam pengelolaan kelas

(siswa dan Guru)

 
C Keterampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal.  
1 Bagaimana menyusun penciptaan pengelolaan kelas dalam RPP  
2 Bagaimana kesiapan pribadi guru dalam penciptaan pengelolaan kelas sebelum masuk kelas  
3 Bagaimana kesiapan pribadi guru dalam penciptaan pengelolaan kelas di dalam kelas  
4 Bagaimana upaya guru dalam pemeliharaan kondisi kelas/pengelolaan kelas sesuai RPP  
D Menganalisis tingkah anak didik yang mengalami masalah dan berusaha memodifikasi tingkahlaku tersebut  
1 Guru melakukan analisa tingkah laku  anak didik dalam menghadapi masalah  
2 Alat ukur yang digunakan yang dijadikan analisa tingkah laku  
3 Tindakan guru yang dilakukan menghadapi masalah anak didik dalam pengelolaan kelas  
E Ketrampilan evaluasi pengelolaan kelas  
1 Perangkat pembejaran yang digunakan untuk mengevaluasi pengelolaan kelas  
2 Apakah guru selalu melakukan tindakan lanjutan dari hasil evaluasi  
3 Bukti perubahan dalam evaluasi pengelolaan kelas bagi siswa  

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s